Nama : Imam Syafi’i
NIM : 2021 111 071
Prodi : PAI (Tarbiyah)
A. Judul
“Implementasi
Metode Pembiasaan Pendidikan Agama Islam di MTs Nurul Islam Krapyak Lor
Pekalongan Utara”
B. Latar Belakang Masalah
Pembelajaran pendidikan agama Islam yang selama ini berlangsung terasa kurang terkait atau kurang konsen terhadap persoalan
bagaimana mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif menjadi
makna dan nilai
yang perlu diinternalisasikan dalam diri peserta didik untuk selanjutnya
menjadi
sumber motivasi
bagi peserta didik
untuk
bergerak,
berbuat dan berperilaku secara konkrit
dan agamis dalam
kehidupan praktis sehari-hari.[1]
Proses internalisasi nilai ajaran Islam
sangatlah penting bagi peserta didik agar mampu untuk dapat mengamalkan dan
mentaati ajaran atau nilai-nilai agama dalam kehidupannya. Peran sekolah dalam
menginternalisasikan nilai agama Islam kepada diri peserta didik menjadi sangat
penting, dan salah satu upaya tersebut adalah dengan metode pembiasaan. Bentuk
metode pembiasaan tersebut dengan menciptakan suasana religius di sekolah,
karena kegiatan-kegiatan keagamaan dan praktik-praktik keagamaan yang
dilaksanakan secara terprogram dan rutin (pembiasaan) diharapkan dapat
mentransformasikan serta menginternalisasikan nilai-nilai ajaran Islam sangat
baik kepada peserta didik.[2]
Pembiasaan
dinilai sangat
efektif jika
penerapannya
dilakukan terhadap
peserta didik yang berusia
kecil. Karena memiiki ingatan yang kuat dan kondisi
kepribadian yang belum matang, sehingga mereka mudah
terlarut dengan
kebiasaan-kebiasaan yang
mereka lakukan sehari-hari. Oleh
karena itu,
sebagai awal dalam
proses pendidikan,
pembiasaan
merupakan cara yang sangat efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral ke dalam jiwa anak. Nilai-nilai yang tertanam dalam dirinya ini kemudian
akan termanifestasikan dalam kehidupannya semenjak ia mulai melangkah ke usia remaja dan
dewasa.[3]
Pendekatan
pembiasaan sesungguhnya sangat efektif dalam menanamkan nilai-nilai positif
kedalam diri anak didik, baik pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Selain itu, pendekatan pembiasaan juga dinilai sangat efesien dalam mengubah
kebiasaan negatif menjadi positif. MTs Nurul Islam adalah salah satu lembaga
pendidikan yang telah menerapkan metode pembiasaan dalam pengembangan
pendidikan agama islam. Keunggulan lembaga ini yaitu model pembelajaran yang
menggunakan metode pembiasaan yang khas yang lebih mendalami kemampuan dan
kejiwaan anak, selain itu proses kerjasama yang baik antara orang tua dan pihak
MTs Nurul Islam yang menjadikan pembiasaan itu semakin tertanam pada peserta
didik.
Sehubungan dengan itu, MTs Nurul Islam Krapyak
Lor Pekalongan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang penulis pandang
sebagai sekolah yang mengimplementasikan pentingnya pembiasaan dalam proses
pendidikan. Adapun bentuk pembiasaan dalam pengembangan pendidikan agama Islam
yang dibiasakan yaitu pembiasaan dalam bidang akidah, akhlak dan ibadah. Itu
terbukti dengan banyaknya praktik keagamaan yang dilakukan oleh pihak MTs Nurul
Islam secara rutin dan terjadwal, seperti salam sambut, do’a bersama sebelum
KBM, salat dhuha, sholat dhuhur berjama’ah dan tadarus bersama setelah sholat
dhuhur berjama’ah serta adanya mata pelajaran tahfidhul ba’dhul qur’an dan
tanbighul muta’allim.
Setelah peneliti melakukan observasi,
maka penulis ingin untuk mengetahui pelaksanaan metode pembiasaan dalam
mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada peserta didik di
MTs Nurul Islam Krapyak Lor Pekalongan Utara. Itulah yang melatarbelakangi
penulisan skripsi ini sebagai kajian ilmiah di bidang pendidikan agama Islam
dengan judul : “Implementasi metode pembiasaan pendidikan agama Islam di MTs
Nurul Islam Krapyak Lor Pekalongan Utara”.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah
dikemukakan di atas, maka permasalahan pokok yang akan dikaji dalam penelitian
ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Bagaimana implementasi metode pembiasaan pendidikan agama Islam
di MTs Nurul Islam Krapyak Lor Pekalongan Utara?
2. Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode
pembiasaan pendidikan agama Islam di MTs Nurul Islam Krapyak Lor Pekalongan Utara?
D. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian adalah untuk
memperoleh jawaban dari beberapa permaslahan di atas, yaitu :
1. Untuk mengetahui pelaksanaan metode pembiasaan pendidikan agama
Islam di MTs Nurul Islam Krapyak Lor Pekalongan Utara.
2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan
metode pembiasaan pendidikan agama Islam di MTs Nurul Islam Krapyak Lor
Pekalongan Utara.
Selain
itu, hasil penelitian ini diharapkan berguna sebagai sumbangan pemikiran bagi
perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pendidikan agama Islam dan
sekaligus sebagai penambah khasanah perpustakaan perguruan tinggi.
E. Penelitian Terdahulu
Adapun pada penelitian terdahulu tidak
ada yang membahas secara khusus tentang pelaksanaan metode pembiasaan dalam
mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada peserta didik di
MTs Nurul Islam Krapyak Lor Pekalongan Utara, akan tetapi yang ada dalam
skripsi hanya membahas Implementasi Metode Pembiasaan dalam Pendidikan Agama Islam di TKIT Ulul
Albab 2 Kota Pekalongan. Skripsi
terdahulu ini disusun oleh Naelul
Amalia Azmi dengan NIM. 2021 110 103 tahun 2014 Jurusan Tarbiyah Program Studi
Pendidikan Agama Islam STAIN Pekalongan.[4]
Kemudian dalam penilitian yang lain yaitu
membahas pembiasaan akhlak mulia pada siswa di SD Negeri Panjang Wetan 05
Pekalongan. skripsi terdahulu ini disusun oleh Mukamilah tahun 2013 Jurusan
Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Pekalongan.[5]
Setelah itu dalam penelitian yang lain
adalah program pembiasaan membaca al-quran di MTs Dr Hamka Gondang Pemalang,
skripsi terdahulu ini disusun oleh Mundiroh tahun 2013 Jurusan Tarbiyah Program
Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Pekalongan.[6]
F. Fokus Penelitian
Berdasarkan rumusan
masalah di atas, peneliti akan fokus mengkaji tentang pelaksanaan metode
pembiasaan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam kepada
peserta didik di MTs Nurul Islam Krapyak Lor Pekalongan Utara.
[3] Arman arief, “Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam”, Cet 1 (Jakarta: Ciputat Pers, 2002) ,
hlm.10.
[4] Naelul Amalia Azmi, “Implementasi Metode Pembiasaan dalam
Pendidikan
Agama Islam di TKIT Ulul
Albab 2 Kota Pekalongan”, Skripsi
Sarjana Pendidikan, (Pekalongan: Perpustakaan STAIN Pekalongan, 2014).
[5] Mukamilah,
”Pembiasaan Akhlak Mulia pada Siswa di SD Negeri Panjang Wetan 05 Pekalongan”,
Skripsi Sarjana Pendidikan, (Pekalongan: Perpustakaan STAIN Pekalongan,
2013).
[6] Mundiroh,
“Program Pembiasaan membaca Al-Quran di Mts Dr Hamka Gondang Pemalang”, Skripsi
Sarjana Pendidikan, (Pekalongan: Perpustakaan STAIN Pekalongan, 2013).