RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs Nurul
Islam Krapyak
Mata pelajaran : FIQIH
Kelas/Semester : VIII (Delapan)
Materi Pembelajaran : Ketentuan Sujud Syukur
Pertemuan Ke- : Satu (1)
Alokasi Waktu : 40 x 2 Jam Pelajaran
(1xPertemuan)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar &
Indikator
1.1. Meyakini
hikmah bersyukur
1.1.1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama islam: Tanggung Jawab
2.1
Membiasakan sikap bersyukur kepada
Allah swt. sebagai implementasi dari pemahaman tentang sujud syukur
2.1.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mempelajari sujud
syukur
3.1. Memahami ketentuan sujud syukur
1.1.1. Menjelaskan pengertian sujud syukur
1.1.2. Menjelaskan hukum dan dalil yang diisyaratkan sujud
syukur
1.1.3. Menjelaskan sebab-sebab sujud syukur
4.1 Memeragakan tata cara sujud syukur
4.1.1. Melafalkan bacaan dalam sujud syukur
4.1.2. Memperagakan tata cara sujud syukur
C. Deskripsi
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian sujud syukur
Syukur secara bahasa artinya adalah terimakasih, dan
menurut istilah
sujud syukur adalah
sujud yang dilakukan
sebagai tanda terima
kasih seorang hamba kepada Allah
swt. dalil disyariatkannya sujud ialah QS. Ibrahim : 7 dan QS.
Al-Baqarah :152
2.
Hukum dan dalil yang diisyaratkan sujud syukur
Hukum
bersyukur kepada Allah swt adalah wajib. Sebab apapun yang diberikan Allah Swt.
kepada kita itulah yang terbaik buat kita. Kita wajib ridha dengan takdir
Allah, meskipun takdir tersebut tidak kita sukai. Sementara itu hukum bersyukur
dengan cara melakukan sujud syukur adalah sunnah.
3.
Sebab-sebab sujud syukur
Sebab-sebab sujud syukur: mendapat nikmat dari
Allah, berita gembira, atau terhindar dari bahaya. Sedangkan rukun sujud
syukur: niat,
takbiratul ihram, sujud, duduk sesudah sujud, dan salam
D.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c.
Guru memotivasi peserta didik dengan kegiatan
yang ringan dengan melakukan kegiatan
ringan, seperti cerita motivasi, senam otak atau bersalawat.
d.
Guru
membimbing peserta didik untuk membaca bacaan Rahasia Sujud Diungkap oleh Seorang Doktor Neurologi
e.
Guru memberikan informasi tentang
tujuan dan manfaat mempelajari seputar sujud
syukur.
f.
Guru dapat
memakai beberapa alternatif
media/alat peraga/alat bantu,
dapat berupa tulisan manual di papan
tulis, kertas karton (tulisan
yang besar dan mudah
dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
g.
Guru
memberikan aspek dan teknik penilaian selama pembelajaran.
2. Kegiatan
Inti (60 menit)
· Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan
materi sujud
syukur. (mengamati)
· Lalu guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan
pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari
guru serta menghubungkannya dengan pemahaman
sujud syukur dan sujud tilawah. Peserta didik bisa bertanya dengan menggunakan kata Tanya: apa, mengapa, bagaimana, bagaimana jika dan
sebagainya.
· Guru menjelaskan beberapa poin yang diramu dari
beberapa poin pertanyaan siswa sebelumnya.
· Beberapa contoh
yang bisa menjadi acuan pertanyaan:
No
|
Pertanyaan
|
1
|
Apakah
bersyukur itu tidak cukup dengan
membaca hamdalah saja?
|
2
|
Bagaimana cara sujud syukur atau tilawah dalam kendaraan ketika mendengar
berita gembira?
|
3
|
Apakah disyaratkan bersuci ketika sujud syukur?
|
4
|
Apa bacaan sujud syukur?
|
5
|
Bagaimana tatacara sujud syukur?
|
Guru meminta peserta didik mengangkat tangan
sebelum mengeluarkan pendapatnya. (menanya)
· Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
(mengumpulkan informasi)
· Guru membagi
pertanyaan-pertanyaan ke tiap kelompok.
Tiap kelompok
mendapat tugas satu pertanyaan.
Guru mengingatkan setiap peserta didik
untuk memperhatikan adab berdiskusi, dengan saling
menghargai pendapat teman.
Guru memberikan
kesempatan kepada kelompok untuk mendiskusikannya. Tiap kelompok mencatat
hasil diskusinya di kertas (guru bisa mengembangkan dengan kertas ukuran besar). Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya secara singkat. (mengeksplorasi)
· Setiap kelompok merumuskan
langkah-langkah dan membagi tugas dalam pelaksanaan demonstrasi sujud syukur.
Kelompok lain mengevaluasi dan
mengomentari pelaksanaan sujud syukur.
Guru memberi penguatan dari
pelaksanaan sujud syukur.
Guru dan peserta didik
menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut
sesuai yang terdapat dalam
buku teks siswa pada kolom rangkuman. (mengkomunikasikan)
3. Kegiatan
Penutup (10 menit)
a.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
b.
Guru memberi
apresiasi terhadap hasil kerja siswa
c. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
d. Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
2. Pertemuan Kedua:
(...JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti**)
a.
Mengamati
b.
Menanya
c.
Mengumpulkan informasi
d.
Menalar
e.
Mengomunikasikan
c.
Kegiatan Penutup
3. Pertemuan
seterusnya.
E.
Penilaian
1. Penilaian
sikap spiritual
a. Sikap : Menghayati ajaran agama
Islam
b. Teknik : Observasi
c.
Instrumen :
No
|
Nama siswa
|
Aspek menghayati ajaran agama Islam
|
Skor Akhir (Modus)
|
|||||||||||
Berdo‘a sebelum dan sesudah menjalankan
setiap perbuatan
|
Berusaha semaksimal mungkin untuk meraih
hasil atau prestasi yang diharapkan (Ikhtiyar)
|
Memelihara hubungan
|
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
Zahro
|
|
|
3
|
|
|
|
3
|
|
|
|
2
|
|
3
|
Kategori:
4 = Sangat Bagus
3 = Bagus
2 = Cukup
1 = Kurang
Pedoman
penskoran =
Skor Perolehan x 4
Skor
Maximal
2. Penilaian
sikap sosial
a. Sikap : Jujur
b. Teknik : Observasi
c.
Instrumen :
No
|
Nama siswa
|
Aspek jujur
|
Skor Akhir (Modus)
|
|||||||||||
Tidak menyontek dalam ulangan dan ujian
|
Tidak mengambil/ menyalin karya orang lain
tanpa menyebutkan sumbernya
|
Mengungkapkan perasaan apa adanya
|
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
Zahro
|
|
2
|
|
|
|
|
|
4
|
|
2
|
|
|
2
|
Kategori:
4 = Sangat Bagus
3 = Bagus
2 = Cukup
1 = Kurang
Pedoman
penskoran =
Skor Perolehan x 4
Skor
Maximal
3. Penilaian
sikap sosial
a. Sikap : tanggung jawab
b. Teknik : Observasi
c.
Instrumen :
No
|
Nama siswa
|
Aspek tanggung jawab
|
Skor Akhir (Modus)
|
|||||||||||
Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi
tanggung jawabnya
|
Menerima resiko dari setiap tindakan yang
dilakukan
|
Mengembalikan barang yang dipinjam
|
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
Zahro
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
3
|
|
3
|
Kategori:
4 = Sangat Bagus
3 = Bagus
2 = Cukup
1 = Kurang
Pedoman
penskoran =
Skor Perolehan x 4
Skor
Maximal
4. Penilaian
pengetahuan
a. Taknik : Tes tertulis
b. Bentuk : Uraian
c.
Instrumen : Soal
1. Apa
pengertian syukur secara bahasa ?
2. Jelaskan
pengertian sujud syukur secara istilah ?
3. Apa
hukum sujud syukur ?
4. Tuliskan
dalil-dalil sujud syukur ?
5. Jelaskan
sebab-sebab sujud syukur ?
Kunci
Jawaban:
1. Syukur secara bahasa artinya adalah terimakasih. (Skor:
15)
2. Menurut istilah sujud syukur
adalah sujud yang
dilakukan sebagai tanda
terima kasih seorang hamba kepada Allah swt. (Skor: 25)
3. Hukum
sujud syukur adalah sunnah. (Skor: 15)
4. Dalil
disyariatkannya sujud ialah QS. Ibrahim : 7 dan QS. Al-Baqarah
:152. (Skor: 20)
5. Sebab-sebab sujud syukur:
mendapat nikmat dari Allah, berita gembira, atau terhindar dari bahaya. Sedangkan rukun sujud syukur: niat, takbiratul ihram, sujud, duduk sesudah sujud, dan salam. (Skor: 25)
5. Penilaian
ketrampilan
Ada
di Lampiran Perment no. 14
F.
Media/alat, Bahan, dan
Sumber Belajar
1.
Media/alat: Papan,
LCD, Proyektor, Laptopk
2.
Bahan: Kertas, Lem,
Spidol
3.
Sumber Belajar: Buku
Guru FIKIH (Jakarta: Kementrian Agama 2014), jika Tokoh (nama dan tempat tinggal)
|
|
Pekalongan, 16 November 2015
|
Mengetahui:
Kepala MTs Nurul Islam
Mislailatun Nikmah, S.H.
NIP.
|
|
Guru Mata Pelajaran
Imam Syafi‘i, S.Pd.I.
NIP.
|