Sabtu, 22 Maret 2014
Cata2n Kwirausahaan 2013
Nama: Imam Syafi’i Kelas:
A PRODI: PAI
Tgl: 2 - Sept - 2013
KEWIRAUSAHAAN
Oleh: Drs. Kartono, MM
Pengertian Wirausaha
Ø Wirausaha ( Geofrey
Meredith ) adlh orang yg mempuyai kemampuan melihat dan menilai peluang bisnis,
mengumpulkan sumber2 daya yg d butuhkan untuk mengambil keuntungan dan
mengambil tindakan yg tepat untuk menuju sukses. => (karakteristik
wirausaha)
Ø Karakteristik wirausaha
sbg orang yg:
1. Memiliki kejelian melihat
peluang
2. Memiliki kemampuan
menilai peluang
3. Mampu mengumpulkan
sumber2 daya
4. Mampu mengambil keputusan
yg menguntungkan
Unsur kewirausahaan
Wirausaha d bangun dr 4 unsur:
Sikap mental => mendasari pelaksanaan usaha shngg
berhasil
Ketrampilan (skill) => mendukung pelaksanaan usaha
Ilmu pengetahuan =>menjadi sumber dan alat untuk
menilai dan mengelola peluang
Kewaspadaan => menjadi alat dlm meminimalkan resiko
Ciri pribadi wirausaha
·
Percaya diri berorientasi
tugas & hasil berani mengambil
resiko
·
Memiliki jiwa memimpin suka
keorisinilan orientasi
masa depan
Memulai usaha
Identifikasi peluang bisnis: Peluang bisnis akn slalu ada selama manusia msh
memliki kbutuhan untuk d puaskan
Cara melihat peluang bisnis sbb:
Ø Meniru apa yg dilakukan
pengusaha lain
Ø Mengembangkan produk/
jasa yg ada d pasar
Ø Mengamati apa yg d
butuhkan orang (melalui pengamatan)
Ø Melakukan penelitian
& pengembangan
Tgl: 9 - Sept - 2013
Watak Pribadi
o Tidak tergantung,
individualitas (berani), optimisme
o Kebutuhan akn prestasi,
orientasi pd laba, tekun(ulet), kerja keras, motivasi (dorongan)
o Mampu mengambil resiko,
suka pd tantangan
o Prilaku kepemimpinan,
suka bergaul, terbuka pd saran dan kritik
o Inovatif dan kreatif,
banyak sumber, serba bisa, mengetahui banyak pandangan ke depan dan perspektif
PR:
Bagaimana anda mampu mengambil resiko, suka dlm menghadapi tantangan
serta meminimalisir resiko dan siap menghadapi tantangan ?
Tgl: 16_Sept_2013
Bidang usaha
§
Bidang jasa (memberi pelayanan), sprt: salon, tukang
cukur dll
§
Bisnis eceran (menyediakan barang), sprt: pengecer
makanan ringan
§
Bisnis distribusi (memindah barang dan orang), sprt:
paketan hewan, barang dll
§
Agribisnis (memproduksi, berdagang hasil
pertanian)=>bibit: sudah tumbuh, benih: msh biji
§
Manufaktur dan lain2 (mengubah bahan baku menjadi
barang jadi), sprt dr bahan kain mnjd pakaian
Cara memulai usaha
memasuki bisnis keluarga => menggabungkan diri dlm
bisnis keluarga sbg tenaga kerja
memulai bisnis baru => mencari, menemukan dan
mengembangkan ide k dlm bisnis riil
Ada 3 cara mengembangkan ide:
o Ide pasar baru =>
memasarkan barang/ jasa yg tlah ada pd pasar baru
o Ide teknologi baru =>
menggunakan teknologi baru untuk memproduksi barang/ jasa yg sdh ada
o Ide manfaat baru =>
menemukanmanfaat baru dr suatu barang yg sdh ada
o Membeli bisnis yg sdh ada
=> mengambil alih dg membeli suatu perusahaan yg sdh ada
o Francise => memulai
usaha dg membuat kerjasama francise (waralaba) dg perusahaan lain yg sdh
berjalan dan d kenal
PR: Membuat usaha dr nol sampai berhasil, perjalanan bisnis?
tips
bukausaha langkah-langkah persiapan membuka usaha baru modal kecil menengah
besar setelah download proposal usaha
1. Gagasan usaha haruslah berasal dari diri anda.
* Perhatikan talenta, bakat, hobi dan minat anda : tidak ada yang lebih menyenangkan daripada melakukan sesuatu yang menjadi kesukaan.
* Pengalaman kerja : keahlian dan pengetahuan yang kita peroleh di waktu lalu akan sangat menolong kita memulai usaha sejenis di masa depan.
2. Miliki gagasan bisnis yang jelas. Gagasan bisnis (misalnya bisnis PH Production House) anda harus memiliki focus, konkrit, mudah dikerjakan, telah diketahui kebutuhan pasarnya, pendanaan tidak terlalu besar hingga anda dibelit hutang dan terakhir setiap langkahnya harus sederhana untuk bisa dilakukan.
3. Masuki pasar dengan membawa perbedaan. Anda dapat memasuki pasar yang telah ada dengan menawarkan sesuatu yang lebih berkualitas, unik dan memiliki nilai tambah. Sedikit nilai tambah dan keunikan usaha justru dapat menjadi perbedaan besar bagi usaha anda.
4. Carilah mentor, mitra usaha dan komunitas. Pelajaran terbaik bisnis PH Production anda diperoleh melalui pengalaman, nasehat dan kegagalan pihak lain. Pengetahuan manajemen PH Production, keuangan, pemasaran dan masalah teknis akan lebih baik jika diperoleh dari mereka yang telah memiliki pengalaman terbang. Mentor, kemitraan, komunitas usaha atau asosiasi membuat anda lebih kuat menghadapi tantangan dan masalah ketika merintis usaha baru.
5. Mulailah dengan operasi berskala kecil. Jangan percaya sesuatu yang besar selalu lebih baik. Usaha sehat justru adalah usaha berskala kecil yang kemudian mengembang, bukan usaha yang langsung dijalankan dengan skala besar. Usaha PH Production berskala kecil juga menjadi guru terbaik karena menjadi tempat belajar menangani masalah dari yang paling sederhana.
6. Jangan lekas percaya tawaran waralaba atau franchise serta keagenan. Waralaba atau keagenan biasanya berarti suatu langkah yang terbukti untuk bisa dijalankan, adanya dukungan pemasaran dan pengakuan dari segi nama. Namun sebagai pembeli nama perlu waspada. Yakinkan anda telah melakukan penelitian dengan seksama sehingga anda tidak perlu membayar sesuatu yang dapat anda lakukan seorang diri.
Mulailah membuka usaha sekarang juga!!!!!
1. Gagasan usaha haruslah berasal dari diri anda.
* Perhatikan talenta, bakat, hobi dan minat anda : tidak ada yang lebih menyenangkan daripada melakukan sesuatu yang menjadi kesukaan.
* Pengalaman kerja : keahlian dan pengetahuan yang kita peroleh di waktu lalu akan sangat menolong kita memulai usaha sejenis di masa depan.
2. Miliki gagasan bisnis yang jelas. Gagasan bisnis (misalnya bisnis PH Production House) anda harus memiliki focus, konkrit, mudah dikerjakan, telah diketahui kebutuhan pasarnya, pendanaan tidak terlalu besar hingga anda dibelit hutang dan terakhir setiap langkahnya harus sederhana untuk bisa dilakukan.
3. Masuki pasar dengan membawa perbedaan. Anda dapat memasuki pasar yang telah ada dengan menawarkan sesuatu yang lebih berkualitas, unik dan memiliki nilai tambah. Sedikit nilai tambah dan keunikan usaha justru dapat menjadi perbedaan besar bagi usaha anda.
4. Carilah mentor, mitra usaha dan komunitas. Pelajaran terbaik bisnis PH Production anda diperoleh melalui pengalaman, nasehat dan kegagalan pihak lain. Pengetahuan manajemen PH Production, keuangan, pemasaran dan masalah teknis akan lebih baik jika diperoleh dari mereka yang telah memiliki pengalaman terbang. Mentor, kemitraan, komunitas usaha atau asosiasi membuat anda lebih kuat menghadapi tantangan dan masalah ketika merintis usaha baru.
5. Mulailah dengan operasi berskala kecil. Jangan percaya sesuatu yang besar selalu lebih baik. Usaha sehat justru adalah usaha berskala kecil yang kemudian mengembang, bukan usaha yang langsung dijalankan dengan skala besar. Usaha PH Production berskala kecil juga menjadi guru terbaik karena menjadi tempat belajar menangani masalah dari yang paling sederhana.
6. Jangan lekas percaya tawaran waralaba atau franchise serta keagenan. Waralaba atau keagenan biasanya berarti suatu langkah yang terbukti untuk bisa dijalankan, adanya dukungan pemasaran dan pengakuan dari segi nama. Namun sebagai pembeli nama perlu waspada. Yakinkan anda telah melakukan penelitian dengan seksama sehingga anda tidak perlu membayar sesuatu yang dapat anda lakukan seorang diri.
Mulailah membuka usaha sekarang juga!!!!!
Tgl:
23_Sept_2013
Beberapa alasan menjadi wirausaha
ü Peluang d negara/ daerah
lain lebih besar (the foreign refugee)
ü Tidak puas sbg pekerja
perusahaan (the corporate refugee)
ü Tdk puas dg tradisi
bisnis keluarga (the parental refugee)
ü Keinginan wanita untuk
membuktikan kemampuan diri (the feminist refugee)
ü Keinginan wanita untuk
membantu suami menambah kemakmuran keluarga (the house wife refugee)
ü Keinginan melepaskan diri
dr lingkungan (the sociaty refugee)
ü Gagal dlm study (the
educational refugee)
Sikap mental yg membantu sukses wirausaha
o
Sikpa mental sehat (memiliki pandangan yg sehat)
o
Sikap positif (suka berfikir positif dan dpt
mengendalikan lingkungan)
o
Kebiasaan positif (memiliki kebiasaan hidup efektif,
efisien, produktif)
o
Kemampuan bergaul (memiliki kemampuan bergaul dan
memiliki kemampuan memelihara jaringan
Peluang dan pengembangan usaha kecil
Ketepatan memilih tujuan konsumen
Memiliki integritas dan tanggung jwb
Memiliki daya inovasi
Manajemen Usaha
Ø
Bentuk hukum organisasi usaha (PT, CV, Koperasi,
Perseorangan)
Ø
Bidang/ Aspek dalam organisasi usaha (Pemasaran,
Produksi, SDM, Keuangan)
Ø
Prinsip Manajemen (Perencanaan, Pelaksanaan,
Pengendalian dan Evaluasi)
07
- Okt - 2013
Proses
Manajemen dlm Usaha:
Setiap bidang
organisasi hrs d lakukan dg prinsip manajemen antara lain:
Bidang
pemasaran hrs d rencanakan dg 4O(object, objektive, organisasi,
operasional,), d organisir, d pimpin, dan d kendalikan/ d kontrol
Bidang
produksi hrs d rencanakan, d organisir, d pimpin, dan
d kendalikan/ d kontrol
Bidang SDM
hrs d rencanakan, d organisir, d pimpin, dan d
kendalikan/ d kontrol
Bidang
keuangan hrs d rencanakan, d organisir, d pimpin, dan
d kendalikan/ d kontrol
Merencanakan
Usaha:
v Tentukan visi dan misi, tujuan dan sasaran
v Tentukan variabel kunci keberhasilan dan kegagalan
v Kaji aspek pemasaran
v Kaji aspek operasi
v Kaji aspek keuangan
v Kaji aspek legal
v Kaji aspek organisasi dan SDM
PR
Contohkan visi,
misi, tujuan perusahaan yang mengelola barang?
Tgl, 21_10_2013
Manajemen
Pemasaran
ð Pengertian: analisis
perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk
menciptakan, membentuk, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan
pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi.
Apa pemasaran
itu
ð Pemasaran: kegiatan
manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen melalui
proses pertukaran.
ð Kebutuhan: suatu
keadaan yang dirasakan ingin diperoleh seseorang. Keadaan merasa kehilangan
dalam diri seseorang.
ð Keinginan: pola
kebutuhan manusia yang dibentuk oleh kebudayaan dan individual seseorang.
ð Tujuan Pemasaran:
untuk mengetahui dan memahami konsumen demikian baiknya produk dan jasa itu
bisa terjual dg sendirinya.
Konsep-konsep
dalam pemasaran
ð Konsep produksi
ð Konsep produk
ð Konsep penjualan
ð Konsep pemasaran
ð Konsep pemasaran masyarakat
RPP MTs, Fiqih
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs. Nurul Islam Kota Pekalongan
Mata Pelajaran :
Fiqih (Ibadah Syar’i)
Kelas/Semester :
VII / 2
Alokasi Waktu :
2 x 5 menit (1 kali pertemuan)
Hari/tanggal :
Kamis/27 Februari 2014
A. Standar Kompetensi
5.
Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat
lima waktu (Shalat Jenazah).
B. Kompetensi Dasar
5.1
Menghafal dan mempraktikkan bacaan-bacaan do’a shalat jenazah.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
5.1.1
Siswa dapat melafalkan bacaan-bacaan do’a shalat jenazah
secara bersama.
5.1.2
Siswa dapat
menghafalkan bacaan-bacaan do’a shalat jenazah.
5.1.3
Siswa dapat
mempraktikkan cara shalat jenazah kemudian memberikan penilaian terhadap
teman sebaya.
D. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat melafalkan bacaan-bacaan do’a shalat jenazah secara bersama.
§ Siswa dapat menghafalkan bacaan-bacaan do’a shalat jenazah.
§ Siswa dapat mempraktikkan cara shalat jenazah kemudian memberikan penilaian terhadap teman sebaya.
E. Materi Pembelajaran/ Materi Ajar
A. Tata Cara Sholat Jenazah:
1. Imam berdiri ke arah
kepala jenazah laki-laki (kepala jenazah laki-laki diletakkan pada sisi kiri
orang yang akan menyolatinya), bila perempuan imam berdiri ke arah perut
jenazah perempuan (kepala jenazah perempuan diletakkan pada sisi kanan orang
yang akan menyolatinya)
2. Makmum berdiri di
belakang imam, sekurang-kurangnya tiga shaf yang berbaris lurus. Masing-masing
shaf paling sedikit terdiri atas dua orang.
B. Bacaan do’a
dan urutan shalat jenazah:
1. Niat shalat jenazah:
a. Dalam kitab “Fathul Jalil”, karangan
al-faqir H. Ahmad Subki, Pekalongan, sebagai berikut:
أُصَلِّى الْفَرْضَ عَلَى هَذَا الْمَيِّتِ/ هَذَهِ الْمَيِّتَةِ أَرْبَعَ
تَكْبِيْرَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا/مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى
b. Dalam kitan “Majmu’ Syarif Kaamil”,
karangan al-faqir ali, Bandung, sebagai berikut:
أُصَلِّى عَلَى هَذَا الْمَيِّتِ (هَذِهِ الْمَيِّتَةِ) أَرْبَعَ
تَكْبِيْرَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ فَرْضَ الْكِفَايَةِ أَدَاءً إِمَامً/
مَاْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى.
2. Takbir pertama, dilanjutkan membaca surat al-Fatikhah, sebagai berikut:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ -١- الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
-٢- الرَّحْمـنِ الرَّحِيمِ -٣- مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ -٤- إِيَّاكَ نَعْبُدُ
وإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ -٥- اهدِنَــــا الصِّرَاطَ المُستَقِيمَ -٦- صِرَاطَ
الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ -٧-
3. Takbir kedua, dilanjutkan membaca solawat Nabi Muhammad SAW,
sebagai berikut:
أَللهُمَّ صَلِّى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ
وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ
وَ عَلَى أَلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَرِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ
وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ كَمَا بَارَكْت عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ
وَ عَلَى أَلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ
مَجِيْدٌ.
4. Takbir ketiga, dilanjutkan membaca do’a untuk jenazah, sebagai berikut:
أَللهُمَّ أغْفِرْلَهُ (لَهَا) ، وَارْحَمْهُ (هَا) ، وَعَافِهِ (هَا)
، وَاعْفُ عَنْهُ (هَا) ، ... وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ (لَهَا) ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ
(هَا).
5. Takbir keempat, dilanjutkan membaca do’a untuk jenazah
أَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا أجْرَهُ (هَا) وَلاَ
تَفْتِنَّا بَعْدَهُ (هَا) وَإغْفِرْ لَنَا وَلَهُ (هَا) ... وَلإِخْوَانِنَا
الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا
لِلَّذِيْنَ أَمَنُوْا رَبَّنَا إِنّكَ رَءُوفٌ رَحِيْمٌ.
6. Diteruskan membaca salam
أَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ
وَبَرَكَاتُهُ
F. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
NO
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi:
§ Guru memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu
§ Guru memberikan
motivasi kepada siswa
|
2 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi:
§ Siswa bersama-sama
membaca urutan bacaan shalat jenazah
b.
Elaborasi
§
Siswa satu persatu menghafal
dan menunjuk beberapa siswa untuk mempraktikkan urutan shalat jenazah di depan kelas.
§
Guru membagi 3 kelompok siswa untuk memberikan evaluasi bacaan do’a
secara majmu’.
c.
Konfirmasi
§
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum jelas
|
6 menit
|
3.
|
Kegiatan Akhir
§
Guru memberikan kesimpulan
dari materi pembelajaran
§
Guru menyampaiakan materi
untuk pertemuan selanjutnya
§
Guru mengakhiri pertemuan
dengan bacaan hamdalah dan salam.
|
2 menit
|
G.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah 2. Demonstrasi 3. Tanya jawab 4. Diskusi
H.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
§ Buku Paket Fikih kelas VII
§ LKS kelas VII
§ Buku cetak fikih lain yang masih relevan dengan materi ini
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen Soal
|
§ Siswa dapat melafalkan bacaan shalat jenazah
dilanjutkan Menghafalkan
§ Siswa dapat mempraktikkan tata cara shalat
jenazah
|
Tes lisan
Tes
praktek
|
Ø Ketepatan dalam melafalkan.
Ø Ketepatan dalam pelaksanaan sholat.
|
§ Sebutkan bacaan shalat jenazah!
§ Jelaskan tata cara shalat jenazah!
|
Nilai:
A
|
76 - 100
|
B
|
51 - 75
|
C
|
26 - 50
|
D
|
01 - 25
|
|
Pekalongan,
08 Februari 2014
|
Mengetahui,
|
|
Kepala
Madrasah
MISLAILATUN
NIKMAH, SH
NIP.
|
Guru
Mapel
IMAM
SYAFI’I
NIM.
2021 111 071
|
Langganan:
Postingan (Atom)
-
تَنْبِيْهُ اْلمُتَعَلِّمِ مألّف : اَلْأُسْتَاذُ اَلْعَالِم اَلْعَلَّامَةْ اَلْمُكَرَّمْ أَحْمَدْ مَيْسُوْر سِنْدِى اَلطُّرْسِدِى ...
-
Lampiran 1 : تَنْبِيْهُ اْلمُتَعَلِّمِ مألّف : اَلْأُسْتَاذُ اَلْعَالِم اَلْعَلَّامَةْ اَلْمُكَرَّمْ أَحْمَدْ مَيْسُوْر سِنْدِى ا...