وَظِيْفَةُ التَّربِيَّةُ
Oleh :
Imam Syafi’i (2052115026)
Mahasiswa Pascasarjana STAIN Pekalongan
2015
يُوْلَدُ الطِّفْلُ – كَمَا
يُرَى عُلَمَاءُ النَّفْسِ – وَهُوَ مَزُوْدٌ بِالقُدْرَةِ عَلَى نَمْطٍ
سُلُوْكِيٍّ وَرَائِيٍّ بِيُوْلِجِيِّ , هُوَ قُدْرَتُهُ عَلَى الرَّضَاعَةِ ,
وَإِفْرَازُ الْفُضَلَاتِ , مَعَ إِسْتِعْدَادٍ لِتَقَبَّلَ التَّكْيِفِ مَعَ
الْمُجْتَمَعِ الْمُحِيْطِ , وَلَكِنْ ذَلِكَ الْإِسْتِعْدَادُ يَحْتَاجُ
بِالتَّالِيِّ لِمَنْ يُوَجِّهُهُ وَ يُرْشِدُهُ إِلَى مَعْرِفَةِ الْحَاجَاتِ
الْلَازِمَةِ لِيَسْتَطِيْعَ الْعَيْشُ مَعَ جَمَاعَةٍ وَهُنَا تَأْتِيْ
وَظِيْفَةُ التَّرْبِيَّةِ فِيْ :
1-
نَقَلَ الْأَنْمَاطُ السُّلُوْكِيَّةُ لِلْفَرْدِ فِي الْمُجْتَمَعِ.
2- نَقَلَ التُّرَاثِ الثَّقَافِيُّ
مِنَ اْلأَجْيَالِ السَّابِقَةِ لِلْإِجْيَالِ اللَّاحِقَةِ.
3- تَغْيِيْرُ التُّرَاثِ
الثَّقَافِيُّ وَتَعْدِيْلٌ فِيْ مَكُوْنَاتِهِ, بِإِضَافَةِ مَا يُفِيْدُ
وَحَذْفُ مَا لَا يُفِيْدُ.
4- إِكْسَابُ الْفَرْدِ خَبَرَاتٍ إِجْتِمَاعِيَّةِ
نَابِعَةٌ مِنْ قَيَّمٍ وَمُعْتَقَدَاتٍ وَنَظْمٍ وَعَادَاتٍ وَتَقَالِيْدٍ
وَسُلُوْكِ الْجَمَاعَةِ الَّتِيْ يَعِيْشُ بَيْنَهَا.
5- تَنْوِيْرُالْفَرْدِ
بِالْمَعْلُوْمَاتِ الْحَدِيْثَةِ.
وَكُلَّمَا إِرْتَقَى
الْإِنْسَانِ وَتَقَدَّمَتْ وَسَائِلُ الْحَضَارَةِ لَدَيْهِ, كُلَّمَا احْتَاجُ
لِلتَّرْبِيَّةِ أَكْثَرُ فَأَكْثَرُ, وَإحْتَاجُ إِلَى وَاسِطَةٍ تُنْقَلُهَا
إِلَى الْأَفْرَادُ بِشَكْلِ مُنَظَّمٍ, وَلَا يُتِمُّ ذَالِكَ إلَّا عَنْ
طَرِيْقِ الْعَمَلِيَّةِ التَّعْلِمِيَّةِ التَّعْلِيْمِيَّةِ.
وَيُعَوِّدُ الْفَضْلُ
لِلتَّرْبِيَّةِ فِي تَحْدِيْدِ كَثِيْرٍ مِنَ السُّلُوْكَاتِ الْحَيَاتِيَّةِ
الْيَوْمِيَّةِ وَالْأَمْثِلَةِ عَلَى ذَلِكَ كَثِيْرَةٌ مِنْهَا أَنْ :
1- اَلتَّرْبِيَةُ تُؤَدَّي إِلَى
إِيْجَادِ جَيْلٍ يُفْهَمُ مَعْنَى النَّظَافَةُ وَالْوِقَايَةُ الصَّخِيَّةِ ,
فَالتَّرْبِيَةُ تُسَهِّمُ بِشَكْلٍ أَوْ أُخْرَ بِنَشْرِ الْوَعِيِّ الصَّحِيِّ
وَالنَّظَافَةِ.
2- اَلتَّرْبِيَةُ تَدْفَعُ النَّاسَ إِلَى
إِسْتِعْمَالِ الْأَدَوَاتِ الْحَدِيْثَةِ وَالْلأَلاَتِ الْمُخْتَرَاعَاتِ
الْجَدِيْدَةِ - إِسْتِخْدَامِ التِّكْنُوْلُوْجِيَا الْحَدِيْثَةِ –
وَاسْتِغْلَالُهَا لِصَالِحِ الْإِنْسَانِ وَلِمَنْفَعَتِهِ وَتَقْدِيْمِهِ.
3- اَلتَّرْبِيَّةُ تَفْتَحُ أمَامَ
اْلإِنْسَانِ طُرُقِ الْحَيَاةِ , وَتَطْلَعُهُ عَلَى الْعَالَمِ الْأُخْرَ ,
وَتَعْرِيْفُهُ بِأَسَالِيْبِ الْحَيَاةِ , وَكَيْفَ يَعِيْشُ النَّاسُ فِي
أَنْحَاءِ الْعَالَمِ .
4- اَلتَّرْبِيَةُ تَفْتَحُ
الْأَذْهَانُ وَتَنَيَّرَ الطُّرُقُ وَ تَحْسِنُ مِنَ الْأَدَاءِ وَتَزِيْدُ
الْأَفْرَادُ ثِقَّةً بِأَنْفُسِهِمْ وَبِقُدْرَاتِهِمْ وَتَدْفَعُهُمْ
لِلْمُطَالِبَةِ بِحُقُوْقِهِمْ وَتَعْرِيْفِهِمْ
بِوَاجِبَاتِهِمْ .
Artinya:
Fungsi Pendidikan
Anak dilahirkan seperti yang dilihat
pada diri ilmuwan, dia adalah penyedia kapasitas sebagai pola prilaku yang
terlihat di dalam Ilmu Biologi. Dia mempunyai kemampuan untuk menyusui,
ekskresi limbah, dengan kesediaan untuk menerima adaptasi dengan masyarakat
sekitar. Dan akan tetapi kesediaan yang membutuhkan dengan orang-orang yang
dibimbing dan menyuruhnya untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan agar mampu
hidup dalam komunitas dengan orang lain dan di sinilah adanya fungsi
pendidikan:
1.
Pengalihan pola
perilaku individu dalam masyarakat.
2.
Transfer warisan
budaya generasi sebelumnya ke generasi berikutnya.
3.
Perubahan warisan
budaya dan perubahan tempatnya dengan menambahkan apa yang bermanfaat dan
membuang apa yang tidak bermanfaat.
4.
Memberikan individu
dari nilai-nilai, kenyakinan, sistem, adat-istiadat dan perilaku masyarakat di
mana mereka tinggal, termasuk pengalaman sosial.
5.
Mengembangkan dirinya
dengan ilmu-ilmu pengetahuan yang baru (Teknologi Informatika) yang modern.
Semakin tinggi hak dan sarana serta
peradaban manusia maju, maka kebutuhan pendidikan akan bertambah banyak dan
akan semakin banyak. Dan perlu untuk mengirimkan kepada setiap individu secara
teratur, dan tidak menyempurnakan kecuali melalui metode kegiatan
belajar-mengajar.
Keutamaan pendidikan dalam
mengidentifikasi banyak perilaku kehidupan sehari-hari dan contoh-contoh dari
hal ini adalah banyak dari mereka:
1.
Pendidikan untuk
menemukan generasi pemimpin dalam mencari makna kebersihan dan kesadaran
pencegahan, maka Pendidikan
adalah salah satu cara atau yang lain berkontribusi menyebarkan kesadaran
kesehatan dan kebersihan.
2.
Pendidikan digunakan oleh
orang untuk menggunakan beberapa alat yang baru dan alat yang modern dan
dimanfaatkan untuk kepentingan manusia ke depanya.
3.
Pendidikan membuka cara
pandang manusia dengan metode atau gaya hidup, dan memunculkannya pada dunia
yang lain dan gaya hidupnya dan mengetahui bagaimana orang hidup di seluruh
dunia.
4.
Pendidikan dapat membuka
pikiran seseorang, menerangi jalan hidupnya, dan meningkatkan kinerja dan
meningkatkan kepercayaan diri individu dan menyebabkan mereka untuk menuntut hak-hak mereka dan membiasakan mereka
dengan tugas-tugas mereka.
Mufrodah:
Kata
|
Arti
|
Kata
|
Arti
|
وَظِيْفَةٌ
|
Fungsi
|
اَلْأَجْيَالُ
|
Generasi
|
أَلأَنْمَاطُ
|
Pola perilaku
|
التراث الثقافي
|
Warisan budaya
|
اَلْوَقَايَةُ
|
Kesadaran
|
الحياتية اليومية
|
Kehidupan sehari-hari
|
اَلصَّحِيَّةُ
|
Kesehatan
|
أنحاء العالم
|
Seluruh dunia
|
التكنولوجيا
|
Teknologi
|
ألأَذهان
|
Pikiran
|
Anak - lahir
seperti yang terlihat diri - ilmuwan penyedia kapasitas sebagai pola perilaku
di belakang saya Baolga, adalah kemampuannya untuk menyusui, dan ekskresi
limbah, dengan kesediaan untuk menerima beradaptasi dengan masyarakat sekitar,
tapi itu karena itu prepping perlu orang-orang yang dibimbing dan menyuruhnya
untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan untuk bisa hidup dalam komunitas
dengan orang lain dan di sini datang fungsi pendidikan di:
1. Pengalihan pola perilaku individu dalam
masyarakat.
2. Transfer warisan budaya generasi sebelumnya generasi berikutnya.
3. perubahan
dan memodifikasi
warisan budaya dalam bahan,
menambahkan apa yang berhasil dan apa
yang tidak membantu menghapus.
4. Memberikan individu berasal dari nilai-nilai dan keyakinan dan sistem, adat-istiadat dan perilaku masyarakat di mana mereka tinggal, termasuk pengalaman sosial.
5. Teknologi informasi modern.
Semakin tinggi hak dan sarana
peradaban maju telah, setiap kali ia membutuhkan pendidikan lebih dan lebih, dan saya perlu untuk mengirimkan modus untuk individu secara
teratur, potongan tidak hanya
melalui proses belajar-mengajar.
Terima kasih untuk Pendidikan dalam mengidentifikasi
banyak perilaku kehidupan sehari-hari
dan contoh dari
hal ini adalah bahwa banyak dari mereka:
1. Memimpin generasi
Pendidikan untuk menemukan makna kebersihan dan pencegahan Ackah memahami,
Pendidikan adalah salah satu cara atau yang lain berkontribusi menyebarkan
kesadaran kesehatan dan kebersihan.
2. Pendidikan berkendara
orang untuk penggunaan alat-alat modern dan baru Allolat Almokhtraat -
penggunaan teknologi modern - dan dimanfaatkan untuk kepentingan manusia dan
utilitas dan mengirimkannya.
3. Pendidikan terbuka
untuk cara hidup manusia, dan memandang ke depan ke dunia lain, dan gaya
hidupnya, dan bagaimana orang hidup di seluruh dunia.
4. Pendidikan pikiran
terbuka dan menerangi jalan dan meningkatkan kinerja dan meningkatkan individu
kepercayaan diri dan kemampuan dan menyebabkan mereka untuk menuntut hak-hak
mereka dan membiasakan mereka dengan tugas-tugas mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar