Sabtu, 31 Oktober 2015

وَظِيْفَةُ التَّربِيَّةُ


وَظِيْفَةُ التَّربِيَّةُ
Oleh :
Imam Syafi’i (2052115026)
Mahasiswa Pascasarjana STAIN Pekalongan
2015

يُوْلَدُ الطِّفْلُ – كَمَا يُرَى عُلَمَاءُ النَّفْسِ – وَهُوَ مَزُوْدٌ بِالقُدْرَةِ عَلَى نَمْطٍ سُلُوْكِيٍّ وَرَائِيٍّ بِيُوْلِجِيِّ , هُوَ قُدْرَتُهُ عَلَى الرَّضَاعَةِ , وَإِفْرَازُ الْفُضَلَاتِ , مَعَ إِسْتِعْدَادٍ لِتَقَبَّلَ التَّكْيِفِ مَعَ الْمُجْتَمَعِ الْمُحِيْطِ , وَلَكِنْ ذَلِكَ الْإِسْتِعْدَادُ يَحْتَاجُ بِالتَّالِيِّ لِمَنْ يُوَجِّهُهُ وَ يُرْشِدُهُ إِلَى مَعْرِفَةِ الْحَاجَاتِ الْلَازِمَةِ لِيَسْتَطِيْعَ الْعَيْشُ مَعَ جَمَاعَةٍ وَهُنَا تَأْتِيْ وَظِيْفَةُ التَّرْبِيَّةِ فِيْ :
1-  نَقَلَ الْأَنْمَاطُ السُّلُوْكِيَّةُ لِلْفَرْدِ فِي الْمُجْتَمَعِ.
2- نَقَلَ التُّرَاثِ الثَّقَافِيُّ مِنَ اْلأَجْيَالِ السَّابِقَةِ لِلْإِجْيَالِ اللَّاحِقَةِ.
3- تَغْيِيْرُ التُّرَاثِ الثَّقَافِيُّ وَتَعْدِيْلٌ فِيْ مَكُوْنَاتِهِ, بِإِضَافَةِ مَا يُفِيْدُ وَحَذْفُ مَا لَا يُفِيْدُ.
4- إِكْسَابُ الْفَرْدِ خَبَرَاتٍ إِجْتِمَاعِيَّةِ نَابِعَةٌ مِنْ قَيَّمٍ وَمُعْتَقَدَاتٍ وَنَظْمٍ وَعَادَاتٍ وَتَقَالِيْدٍ وَسُلُوْكِ الْجَمَاعَةِ الَّتِيْ يَعِيْشُ بَيْنَهَا.
5- تَنْوِيْرُالْفَرْدِ بِالْمَعْلُوْمَاتِ الْحَدِيْثَةِ.
وَكُلَّمَا إِرْتَقَى الْإِنْسَانِ وَتَقَدَّمَتْ وَسَائِلُ الْحَضَارَةِ لَدَيْهِ, كُلَّمَا احْتَاجُ لِلتَّرْبِيَّةِ أَكْثَرُ فَأَكْثَرُ, وَإحْتَاجُ إِلَى وَاسِطَةٍ تُنْقَلُهَا إِلَى الْأَفْرَادُ بِشَكْلِ مُنَظَّمٍ, وَلَا يُتِمُّ ذَالِكَ إلَّا عَنْ طَرِيْقِ الْعَمَلِيَّةِ التَّعْلِمِيَّةِ التَّعْلِيْمِيَّةِ.
وَيُعَوِّدُ الْفَضْلُ لِلتَّرْبِيَّةِ فِي تَحْدِيْدِ كَثِيْرٍ مِنَ السُّلُوْكَاتِ الْحَيَاتِيَّةِ الْيَوْمِيَّةِ وَالْأَمْثِلَةِ عَلَى ذَلِكَ كَثِيْرَةٌ مِنْهَا أَنْ :
1- اَلتَّرْبِيَةُ تُؤَدَّي إِلَى إِيْجَادِ جَيْلٍ يُفْهَمُ مَعْنَى النَّظَافَةُ وَالْوِقَايَةُ الصَّخِيَّةِ , فَالتَّرْبِيَةُ تُسَهِّمُ بِشَكْلٍ أَوْ أُخْرَ بِنَشْرِ الْوَعِيِّ الصَّحِيِّ وَالنَّظَافَةِ.
2- اَلتَّرْبِيَةُ تَدْفَعُ النَّاسَ إِلَى إِسْتِعْمَالِ الْأَدَوَاتِ الْحَدِيْثَةِ وَالْلأَلاَتِ الْمُخْتَرَاعَاتِ الْجَدِيْدَةِ - إِسْتِخْدَامِ التِّكْنُوْلُوْجِيَا الْحَدِيْثَةِ – وَاسْتِغْلَالُهَا لِصَالِحِ الْإِنْسَانِ وَلِمَنْفَعَتِهِ وَتَقْدِيْمِهِ.
3- اَلتَّرْبِيَّةُ تَفْتَحُ أمَامَ اْلإِنْسَانِ طُرُقِ الْحَيَاةِ , وَتَطْلَعُهُ عَلَى الْعَالَمِ الْأُخْرَ , وَتَعْرِيْفُهُ بِأَسَالِيْبِ الْحَيَاةِ , وَكَيْفَ يَعِيْشُ النَّاسُ فِي أَنْحَاءِ الْعَالَمِ .
4- اَلتَّرْبِيَةُ تَفْتَحُ الْأَذْهَانُ وَتَنَيَّرَ الطُّرُقُ وَ تَحْسِنُ مِنَ الْأَدَاءِ وَتَزِيْدُ الْأَفْرَادُ ثِقَّةً بِأَنْفُسِهِمْ وَبِقُدْرَاتِهِمْ وَتَدْفَعُهُمْ لِلْمُطَالِبَةِ بِحُقُوْقِهِمْ وَتَعْرِيْفِهِمْ  بِوَاجِبَاتِهِمْ .
Artinya:
Fungsi Pendidikan
Anak dilahirkan seperti yang dilihat pada diri ilmuwan, dia adalah penyedia kapasitas sebagai pola prilaku yang terlihat di dalam Ilmu Biologi. Dia mempunyai kemampuan untuk menyusui, ekskresi limbah, dengan kesediaan untuk menerima adaptasi dengan masyarakat sekitar. Dan akan tetapi kesediaan yang membutuhkan dengan orang-orang yang dibimbing dan menyuruhnya untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan agar mampu hidup dalam komunitas dengan orang lain dan di sinilah adanya fungsi pendidikan:
1.    Pengalihan pola perilaku individu dalam masyarakat.
2.    Transfer warisan budaya generasi sebelumnya ke generasi berikutnya.
3.    Perubahan warisan budaya dan perubahan tempatnya dengan menambahkan apa yang bermanfaat dan membuang apa yang tidak bermanfaat.
4.    Memberikan individu dari nilai-nilai, kenyakinan, sistem, adat-istiadat dan perilaku masyarakat di mana mereka tinggal, termasuk pengalaman sosial.
5.    Mengembangkan dirinya dengan ilmu-ilmu pengetahuan yang baru (Teknologi Informatika) yang modern.
Semakin tinggi hak dan sarana serta peradaban manusia maju, maka kebutuhan pendidikan akan bertambah banyak dan akan semakin banyak. Dan perlu untuk mengirimkan kepada setiap individu secara teratur, dan tidak menyempurnakan kecuali melalui metode kegiatan belajar-mengajar.
Keutamaan pendidikan dalam mengidentifikasi banyak perilaku kehidupan sehari-hari dan contoh-contoh dari hal ini adalah banyak dari mereka:
1.    Pendidikan untuk menemukan generasi pemimpin dalam mencari makna kebersihan dan kesadaran pencegahan, maka Pendidikan adalah salah satu cara atau yang lain berkontribusi menyebarkan kesadaran kesehatan dan kebersihan.
2.    Pendidikan digunakan oleh orang untuk menggunakan beberapa alat yang baru dan alat yang modern dan dimanfaatkan untuk kepentingan manusia ke depanya.
3.    Pendidikan membuka cara pandang manusia dengan metode atau gaya hidup, dan memunculkannya pada dunia yang lain dan gaya hidupnya dan mengetahui bagaimana orang hidup di seluruh dunia.
4.    Pendidikan dapat membuka pikiran seseorang, menerangi jalan hidupnya, dan meningkatkan kinerja dan meningkatkan kepercayaan diri individu dan menyebabkan mereka untuk menuntut hak-hak mereka dan membiasakan mereka dengan tugas-tugas mereka.

Mufrodah:
Kata
Arti
Kata
Arti
وَظِيْفَةٌ
Fungsi
اَلْأَجْيَالُ
Generasi
أَلأَنْمَاطُ
Pola perilaku
التراث الثقافي
Warisan budaya
اَلْوَقَايَةُ
Kesadaran
الحياتية اليومية
Kehidupan sehari-hari
اَلصَّحِيَّةُ
Kesehatan
أنحاء العالم
Seluruh dunia
التكنولوجيا
Teknologi
ألأَذهان
Pikiran














Anak - lahir seperti yang terlihat diri - ilmuwan penyedia kapasitas sebagai pola perilaku di belakang saya Baolga, adalah kemampuannya untuk menyusui, dan ekskresi limbah, dengan kesediaan untuk menerima beradaptasi dengan masyarakat sekitar, tapi itu karena itu prepping perlu orang-orang yang dibimbing dan menyuruhnya untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan untuk bisa hidup dalam komunitas dengan orang lain dan di sini datang fungsi pendidikan di:
1.    Pengalihan pola perilaku individu dalam masyarakat.
2.    Transfer warisan budaya generasi sebelumnya generasi berikutnya.
3.    perubahan dan memodifikasi warisan budaya dalam bahan, menambahkan apa yang berhasil dan apa yang tidak membantu menghapus.
4.    Memberikan individu berasal dari nilai-nilai dan keyakinan dan sistem, adat-istiadat dan perilaku masyarakat di mana mereka tinggal, termasuk pengalaman sosial.
5.    Teknologi informasi modern.
Semakin tinggi hak dan sarana peradaban maju telah, setiap kali ia membutuhkan pendidikan lebih dan lebih, dan saya perlu untuk mengirimkan modus untuk individu secara teratur, potongan tidak hanya melalui proses belajar-mengajar.
Terima kasih untuk Pendidikan dalam mengidentifikasi banyak perilaku kehidupan sehari-hari dan contoh dari hal ini adalah bahwa banyak dari mereka:
1.    Memimpin generasi Pendidikan untuk menemukan makna kebersihan dan pencegahan Ackah memahami, Pendidikan adalah salah satu cara atau yang lain berkontribusi menyebarkan kesadaran kesehatan dan kebersihan.
2.    Pendidikan berkendara orang untuk penggunaan alat-alat modern dan baru Allolat Almokhtraat - penggunaan teknologi modern - dan dimanfaatkan untuk kepentingan manusia dan utilitas dan mengirimkannya.
3.    Pendidikan terbuka untuk cara hidup manusia, dan memandang ke depan ke dunia lain, dan gaya hidupnya, dan bagaimana orang hidup di seluruh dunia.
4.    Pendidikan pikiran terbuka dan menerangi jalan dan meningkatkan kinerja dan meningkatkan individu kepercayaan diri dan kemampuan dan menyebabkan mereka untuk menuntut hak-hak mereka dan membiasakan mereka dengan tugas-tugas mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar