Sabtu, 22 Maret 2014

RPP MTs, Fiqih



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                   : MTs. Nurul Islam Kota Pekalongan
Mata Pelajaran          : Fiqih (Ibadah Syar’i)
Kelas/Semester          : VII / 2
Alokasi Waktu           : 2 x 5 menit (1 kali pertemuan)
Hari/tanggal               : Kamis/27 Februari 2014

A.    Standar Kompetensi
5.                  Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat lima waktu (Shalat Jenazah).
B.     Kompetensi Dasar
5.1              Menghafal dan mempraktikkan bacaan-bacaan do’a shalat jenazah.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
5.1.1        Siswa dapat melafalkan bacaan-bacaan do’a shalat jenazah secara bersama.
5.1.2        Siswa dapat menghafalkan bacaan-bacaan do’a shalat jenazah.
5.1.3        Siswa dapat mempraktikkan cara shalat jenazah kemudian memberikan penilaian terhadap teman sebaya.
D.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat melafalkan bacaan-bacaan do’a shalat jenazah secara bersama.
§  Siswa dapat menghafalkan bacaan-bacaan do’a shalat jenazah.
§  Siswa dapat mempraktikkan cara shalat jenazah kemudian memberikan penilaian terhadap teman sebaya.
E.     Materi Pembelajaran/ Materi Ajar
A.     Tata Cara Sholat Jenazah:
1.      Imam berdiri ke arah kepala jenazah laki-laki (kepala jenazah laki-laki diletakkan pada sisi kiri orang yang akan menyolatinya), bila perempuan imam berdiri ke arah perut jenazah perempuan (kepala jenazah perempuan diletakkan pada sisi kanan orang yang akan menyolatinya)
2.      Makmum berdiri di belakang imam, sekurang-kurangnya tiga shaf yang berbaris lurus. Masing-masing shaf paling sedikit terdiri atas dua orang.

B.     Bacaan do’a dan urutan shalat jenazah:
1.      Niat shalat jenazah:
a.       Dalam kitab “Fathul Jalil”, karangan al-faqir H. Ahmad Subki, Pekalongan, sebagai berikut:
أُصَلِّى الْفَرْضَ عَلَى هَذَا الْمَيِّتِ/ هَذَهِ الْمَيِّتَةِ أَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا/مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى
b.      Dalam kitan “Majmu’ Syarif Kaamil”, karangan al-faqir ali, Bandung, sebagai berikut:
أُصَلِّى عَلَى هَذَا الْمَيِّتِ (هَذِهِ الْمَيِّتَةِ) أَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ فَرْضَ الْكِفَايَةِ أَدَاءً إِمَامً/ مَاْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى.
2.      Takbir pertama, dilanjutkan membaca surat al-Fatikhah, sebagai berikut:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ -١- الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ -٢- الرَّحْمـنِ الرَّحِيمِ -٣- مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ -٤- إِيَّاكَ نَعْبُدُ وإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ -٥- اهدِنَــــا الصِّرَاطَ المُستَقِيمَ -٦- صِرَاطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ -٧-
3.      Takbir kedua, dilanjutkan membaca solawat Nabi Muhammad SAW, sebagai berikut:
أَللهُمَّ صَلِّى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى أَلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَرِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمّدٍ كَمَا بَارَكْت عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى أَلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
4.      Takbir ketiga, dilanjutkan membaca do’a untuk jenazah, sebagai berikut:
أَللهُمَّ أغْفِرْلَهُ (لَهَا) ، وَارْحَمْهُ (هَا) ، وَعَافِهِ (هَا) ، وَاعْفُ عَنْهُ (هَا) ، ... وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ (لَهَا) ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ (هَا).
5.      Takbir keempat, dilanjutkan membaca do’a untuk jenazah
أَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا أجْرَهُ (هَا) وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ (هَا) وَإغْفِرْ لَنَا وَلَهُ (هَا) ... وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِلَّذِيْنَ أَمَنُوْا رَبَّنَا إِنّكَ رَءُوفٌ رَحِيْمٌ.
6.      Diteruskan membaca salam
أَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

NO
Uraian Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi:
§  Guru memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa
2 menit
2.
Kegiatan Inti
a.        Eksplorasi:
§  Siswa bersama-sama membaca urutan bacaan shalat jenazah
b.      Elaborasi
§  Siswa satu persatu menghafal dan menunjuk beberapa siswa untuk mempraktikkan urutan shalat jenazah di depan kelas.
§  Guru membagi 3 kelompok siswa untuk memberikan evaluasi bacaan do’a secara majmu’.
c.       Konfirmasi
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum jelas
6 menit
3.
Kegiatan Akhir
§  Guru memberikan kesimpulan dari materi pembelajaran
§  Guru menyampaiakan materi untuk pertemuan selanjutnya
§  Guru mengakhiri pertemuan dengan bacaan hamdalah dan salam.
2 menit

G.    Metode Pembelajaran
1.   Ceramah                  2. Demonstrasi             3. Tanya jawab                        4. Diskusi
H.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
§  Buku Paket Fikih kelas VII
§  LKS kelas VII
§  Buku cetak fikih lain yang masih relevan dengan materi ini
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen Soal
§  Siswa dapat melafalkan bacaan shalat jenazah dilanjutkan Menghafalkan
§  Siswa dapat mempraktikkan tata cara shalat jenazah

Tes lisan


Tes praktek
Ø Ketepatan dalam melafalkan.

Ø Ketepatan dalam pelaksanaan sholat.
§  Sebutkan bacaan shalat jenazah!


§  Jelaskan tata cara shalat jenazah!


Nilai:
A
76 - 100
B
51 - 75
C
26 - 50
D
01 - 25



Pekalongan, 08 Februari 2014


Mengetahui,

Kepala Madrasah





MISLAILATUN NIKMAH, SH
NIP.
Guru Mapel





IMAM SYAFI’I
NIM. 2021 111 071


Tidak ada komentar:

Posting Komentar