RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs Nurul Islam Krapyak Kota Pekalongan
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / I
Materi Pembelajaran : Sujud Syukur
Pertemuan Ke- : I ( Satu )
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 2 x 40
Menit )
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar &
Indikator
1.1 Meyakini
hikmah bersukur
1.1.1
Menunjukkan sikap menghayati ajaran agama Islam.
2.1 Membiasakan sikap bersyukur kepada Allah swt. sebagai implementasi
dari pemahaman tentang sujud syukur
2.1.1
Menunjukkan sikap tanggungjawab dalam mempelajari sujud
syukur
3.1 Memahami ketentuan sujud syukur
4.1 Memeragakan tata cara sujud syukur
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran
عَنْ اَبِى بَكْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ اِذَا أّتَاهُ اَمْرٌ يَسَّرَهُ اَوْ بُشِّرَبِهِ
خَرَّسَاجِدًا شُكْرًالِلَّهِ تَعَالَى (رواه ابو داود وابن ماجه والترمذي وحسنه)
3. Sebab-sebab sujud syukur
Hal-hal yang menyebabkan seseorang melakukan sujud
syukur adalah :
a.
Karena ia mendapat nikmat dan karunia dari Allah swt.
b.
Mendapatkan berita yang menyenangkan.
c.
Terhindar dari bahaya (musibah) yang akan menimpanya.
4. Rukun Sujud syukur
Adapun rukunya:
1. Niat (di dalam hati)
2. Takbiratul
ihram
3. Sujud
4. Duduk
sesudah sujud (tanpa membaca tasyahud)
5. Salam
5. Tata cara sujud syukur
Caranya, yaitu
sebaiknya suci dari
hadas dan najis,
berdiri menghadap kiblat, kemudian
niat sujud syukur bersamaan takbiratul ihram, setelah itu langsung sujud
satu kali, lalu duduk untuk mengucapkan salam.
D.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (
10 menit )
· Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
· Pengkondisian
kelas dengan senam otak ataupun bernyanyi yang riang
· Guru memotivasi akan
pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
· Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran;
· Guru menyampaiakan garis besar materi yang akan dicapai dan menanyakan
pelajaran yang telah lalu (apersepsi).
· Guru memberikan
penjelasan tentang penilaian yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.
2. Kegiatan
Inti
ü Peserta
didik mengamati gambar dan video tentang sujud syukur yang di tayangkan melalui LCD Projector (mengamati)
ü Peserta
didik menanyakan hal-hal yang belum difahami terkait pengertian sujud syukur ( menanya )
ü Peserta
didik mengungkapkan pendapatnya tentang tata cara
melaksanakan sujud syukur ( mengkomunikasikan
)
ü Masing-masing
kelompok mencatat pengertian sujud
syukur dan tata cara melaksanakannya ( menalar / mengasosiasi )
ü Peserta
didik secara berkelompok mencari penjelasan dengan membaca buku yang berkaitan dengan materi ajar, kemudian
membandingkan degan hasil yang diamati sebelumnya. ( eksperimen / Eksplorasi )
ü Bersama
dengan anggota kelompoknya, peserta didik, mendiskusikan hasil temuanya tentang sujud syukur ( eksplorasi )
ü Masing-masing
kelompok menempelkan hasil diskusinya di papan tulis
( mengkomunikasikan )
ü Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
( mengkomunikasikan )
ü Masing-masing
kelompok mendemonstrasikan tata cara sujud syukur
( mengkomunikasikan )
3. Kegiatan
Penutup
· Guru
mengadakan refleksi hasil pembelajaran serta menguatkan tata cara melaksanakan sujud syukur
· Peserta didik bersama
dengan guru peserta didik menyimpulkan Intisari dari
materi pelajaran.
· Guru
mengadakan tes lisan
dengan jawaban singkat
· Guru
memberikan tugas individu mencari contoh sujud syukur
· Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
· Guru
memberikan pesan-pesan moral terkait dengan materi, seperti terbiasa
melaksanakan sujud syukur dalam
kehidupan sehari - hari
· Guru
mengakhiri pertemuan dengan mengajak berdoa dan dilanjutkan dengan salam
E.
Penilaian
a. Penilaian
Sikap Spiritual
1.
Sikap : Menghayati ajaran agama
Islam
2.
Teknik : Observasi
3.
Instrumen :
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek menghayati
ajaran agama islam
|
Skor Akhir (Modus)
|
|||||||||||
Berdo’a sebelum dan
sesudah menjalankan setiap perbuatan
|
Berusaha semaksimal
mungkin untuk meraih hasil atau prestasi yang diharapkan
( ikhtiar )
|
Memelihara hubungan
baik dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
|
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
Azmi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Asfi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kategori :
4 = Sangat Bagus
3 = Bagus
2 = Cukup
1 = Kurang
Pedoman penskoran :
Skor Perolehan x 4 =
Skor Maksimal
b. Penilaian
Sikap Sosial
1.
Sikap : Tanggungjawab
2.
Teknik : Observasi
3.
Instrumen :
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Tanggung Jawab
|
Skor Akhir
|
|||||||||||
Melaksanakan setiap pekerjaan
yang menjadi
tanggung jawabnya |
Melaksanakan tugas individu
dengan baik
|
Menerima resiko dari setiap
tindakan yang
dilakukan |
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
Azmi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Asfi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kategori :
Kategori :
4 = Sangat Bagus
3 = Bagus
2 = Cukup
1 = Kurang
Pedoman penskoran :
Skor Perolehan x 4 =
Skor Maksimal
C. Penilaian
Pengetahuan
1. Teknik : Tertulis
2. Bentuk : Uraian
3. Instrumen : Soal
Kunci Jawaban:
1. Syukur secara bahasa artinya adalah terimakasih.
2. Menurut istilah
sujud syukur adalah
sujud yang dilakukan
sebagai tanda terima
kasih seorang hamba kepada Allah
swt. dalil disyariatkannya sujud ialah QS. Ibrahim : 7 dan QS. Al-Baqarah
:152.
3. Hukum bersyukur
dengan cara melakukan sujud syukur adalah sunnah.
4. Adapun dalilnya antara lain: Surah al-Baqarah: 152, Surah Ibrahim:
þÎTrãä.ø$$sù öNä.öä.ør& (#rãà6ô©$#ur Í< wur Èbrãàÿõ3s?
Artinya :
”Karena itu, ingatlah
kamu kepada-Ku niscaya
Aku ingat (pula)
kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku,
dan janganlah kamu
mengingkari (nikmat)-Ku”. (QS.
Al-Baqarah :152)
5. Hal-hal yang menyebabkan seseorang melakukan
sujud syukur adalah :
a. Karena ia mendapat nikmat dan karunia dari
Allah swt.
b. Mendapatkan berita yang menyenangkan.
c.
Terhindar dari bahaya (musibah) yang akan menimpanya.
D. Penilaian Praktik
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
|||||||
Menggunakan alat
|
Membaca do’a sujud syukur
|
Melaksanakan
dengan baik
|
Menyimpan alat pada tempatnya
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|
Eko
|
|
ü
|
ü
|
|
|
|
|
|
Fafa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Geri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
.....
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh: Format instrumen penilaian praktik sujud syukur
Keterangan: diisi dengan tanda cek (√)
F.
Media/alat, Bahan, dan
Sumber Belajar
1. Media/alat : LCD, Layar Proyektor, Gambar
2. Bahan : Spidol, tata cara sujud
syukur, Kertas Karton
3. Sumber
belajar : Buku guru Fiqih, MTs kelas
8, kementerian agama RI
Jakarta, 2014 halaman 16-17…,Buku siswa Fiqih MTs Kelas 8, kementerian agama RI Jakarta, 2014 halaman 1-11 . . .
|
|
Pekalongan, 16 November 2015
|
Mengetahui:
Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam
Mislailatun Nikmah, S.H.
|
|
Guru Mata pelajaran Fiqih
Imam Syafi’I, S.Pd.I.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar