Minggu, 15 November 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) - K-13


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                                : MTs Nurul Islam Krapyak Kota Pekalongan
Mata pelajaran                       : Fiqih
Kelas/Semester                      : VIII / I
Materi Pembelajaran             : Sujud Syukur
Pertemuan Ke-                       : I ( Satu )
Alokasi Waktu                        : 1 x Pertemuan ( 2 x 40 Menit )

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.  Memahami dan menerapkan  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.  Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar & Indikator
1.1 Meyakini hikmah bersukur
1.1.1    Menunjukkan sikap menghayati ajaran agama Islam.

2.1 Membiasakan sikap bersyukur kepada Allah swt. sebagai implementasi dari pemahaman tentang sujud syukur
2.1.1     Menunjukkan sikap tanggungjawab dalam mempelajari  sujud  syukur

3.1 Memahami ketentuan sujud syukur
3.1.1    Menjelaskan pengertian sujud syukur
3.1.2    Menjelaskan hukum dan dalil disyariatkannya sujud syukur
3.1.3    Menjelaskan sebab-sebab sujud syukur

4.1  Memeragakan tata cara sujud syukur
4.1.1    Melafalkan bacaan dalam sujud syukur
4.1.2    Memperagakan tata cara sujud syukur
                             
C.    Deskripsi Materi Pembelajaran
1.  Pengertian sujud syukur
                      Syukur secara bahasa artinya adalah terimakasih, dan menurut istilah sujud  syukur  adalah  sujud  yang  dilakukan  sebagai  tanda  terima  kasih  seorang hamba kepada Allah swt.
2.  Hukum dan dalil disyariatkannya sujud syukur
Hukum bersyukur dengan cara melakukan sujud syukur adalah sunnah.
Adapun dalilnya antara lain: Surah al-Baqarah: 152, Surah Ibrahim: 7
Sementara itu hukum bersyukur dengan cara melakukan sujud syukur adalah sunnah. Hadits Rasullullah saw : 
عَنْ اَبِى بَكْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ اِذَا أّتَاهُ اَمْرٌ يَسَّرَهُ اَوْ بُشِّرَبِهِ خَرَّسَاجِدًا شُكْرًالِلَّهِ تَعَالَى (رواه ابو داود وابن ماجه والترمذي وحسنه)
Artinya: "Dari Abu Bakrah, sesungguhnya Rasulullah saw. apabila mendapat sesuatu yang menyenangkan atau diberi khabar gembira segeralah tunduk sujud sebagai tanda syukur kepada Allah swt." (H.R. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan at-Turmudzi yang menganggapnya sebagai hadits hasan).
3.  Sebab-sebab sujud syukur
Hal-hal yang menyebabkan seseorang melakukan sujud syukur adalah :
a.    Karena ia mendapat nikmat dan karunia dari Allah swt.
b.    Mendapatkan berita yang menyenangkan.
c.    Terhindar dari bahaya (musibah) yang akan menimpanya.
4.  Rukun Sujud syukur
Adapun rukunya:
1. Niat (di dalam hati)
2. Takbiratul ihram
3. Sujud
4. Duduk sesudah sujud (tanpa membaca tasyahud)
5. Salam
5.  Tata cara sujud syukur
Caranya,  yaitu  sebaiknya  suci  dari  hadas  dan  najis,  berdiri menghadap  kiblat,  kemudian  niat sujud syukur bersamaan takbiratul ihram, setelah itu langsung sujud satu kali, lalu duduk untuk mengucapkan salam.

D.     Kegiatan Pembelajaran
1.  Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
·      Pengkondisian kelas dengan senam otak ataupun bernyanyi yang riang
·      Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
·      Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
·      Guru menyampaiakan garis besar materi yang akan dicapai dan menanyakan pelajaran yang telah lalu (apersepsi).
·      Guru memberikan penjelasan tentang penilaian yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.


2.  Kegiatan Inti
ü Peserta didik mengamati gambar dan video tentang sujud syukur yang di tayangkan  melalui LCD Projector (mengamati)
ü Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum difahami terkait pengertian sujud syukur ( menanya )
ü Peserta didik mengungkapkan pendapatnya tentang tata cara melaksanakan sujud syukur ( mengkomunikasikan )
ü Masing-masing kelompok mencatat pengertian sujud syukur dan tata cara melaksanakannya ( menalar / mengasosiasi )
ü Peserta didik secara berkelompok mencari penjelasan dengan membaca buku  yang berkaitan dengan materi ajar, kemudian membandingkan degan hasil yang diamati sebelumnya. ( eksperimen / Eksplorasi )
ü Bersama dengan anggota kelompoknya, peserta didik, mendiskusikan hasil temuanya tentang sujud syukur ( eksplorasi )
ü Masing-masing kelompok menempelkan hasil diskusinya di papan tulis
( mengkomunikasikan )
ü Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
( mengkomunikasikan )
ü Masing-masing kelompok mendemonstrasikan tata cara sujud syukur
( mengkomunikasikan )
3.  Kegiatan Penutup
·      Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran serta menguatkan tata cara melaksanakan sujud syukur
·      Peserta didik bersama dengan guru  peserta didik menyimpulkan Intisari dari materi pelajaran.
·      Guru mengadakan tes lisan dengan jawaban singkat
·      Guru memberikan tugas individu mencari contoh sujud syukur
·      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
·      Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan materi, seperti terbiasa melaksanakan sujud syukur dalam kehidupan sehari - hari
·      Guru mengakhiri pertemuan dengan mengajak berdoa dan dilanjutkan dengan salam
E.     Penilaian
a.  Penilaian Sikap Spiritual
1.   Sikap                   : Menghayati ajaran agama Islam
2.   Teknik                 : Observasi
3.   Instrumen           :





No
Nama Peserta Didik
Aspek menghayati ajaran agama islam
Skor Akhir (Modus)
Berdo’a sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan
Berusaha semaksimal mungkin untuk meraih hasil atau prestasi yang diharapkan
( ikhtiar )
Memelihara hubungan baik dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
Azmi













2
Asfi













3















Kategori  :
4 = Sangat Bagus
3 = Bagus
2 = Cukup
1 = Kurang

Pedoman penskoran :
Skor Perolehan  x 4 =
Skor Maksimal

b.  Penilaian Sikap Sosial
1.   Sikap                   : Tanggungjawab
2.   Teknik                 : Observasi
3.   Instrumen           :
No
Nama Peserta Didik
Aspek Tanggung Jawab
Skor Akhir

Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi
tanggung jawabnya
Melaksanakan tugas individu dengan baik
Menerima resiko dari setiap tindakan yang
dilakukan

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
Azmi













2
Asfi













3

















Kategori  :



Kategori  :
4 = Sangat Bagus
3 = Bagus
2 = Cukup
1 = Kurang
Pedoman penskoran   :
Skor Perolehan  x 4 =
Skor Maksimal

C. Penilaian Pengetahuan
1. Teknik                  : Tertulis
2. Bentuk                 : Uraian
3. Instrumen           : Soal
1.  Apa pengertian sujud secara bahasa ?
2.  Jelaskan pengertian sujud syukur secara istilah ?
3.  Apa hukum sujud syukur ?
4.  Tuliskan dalil disyariatkannya sujud syukur ?
5.  Jelaskan sebab-sebab sujud syukur ?

Kunci Jawaban:
1.   Syukur secara bahasa artinya adalah terimakasih.

2.   Menurut istilah sujud  syukur  adalah  sujud  yang  dilakukan  sebagai  tanda  terima  kasih  seorang hamba kepada Allah swt. dalil disyariatkannya sujud ialah QS. Ibrahim : 7 dan QS.  Al-Baqarah  :152.

3.   Hukum bersyukur dengan cara melakukan sujud syukur adalah sunnah.

4.   Adapun dalilnya antara lain: Surah al-Baqarah: 152, Surah Ibrahim:
þÎTrãä.øŒ$$sù öNä.öä.øŒr& (#rãà6ô©$#ur Í< Ÿwur Èbrãàÿõ3s?                               
Artinya  :  ”Karena  itu,  ingatlah  kamu  kepada-Ku  niscaya  Aku  ingat  (pula)  kepadamu,  dan bersyukurlah  kepada-Ku,  dan  janganlah  kamu  mengingkari  (nikmat)-Ku”.  (QS.  Al-Baqarah  :152)

5.   Hal-hal yang menyebabkan seseorang melakukan sujud syukur adalah :
a.  Karena ia mendapat nikmat dan karunia dari Allah swt.
b.  Mendapatkan berita yang menyenangkan.
c.   Terhindar dari bahaya (musibah) yang akan menimpanya.











D. Penilaian Praktik

Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Menggunakan alat
Membaca do’a sujud syukur
Melaksanakan dengan baik
Menyimpan alat pada tempatnya
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Eko

ü   
ü   





Fafa








Geri








Hadi








.....








Contoh:       Format instrumen penilaian praktik sujud syukur
Keterangan: diisi dengan tanda cek (√)














F.     Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.  Media/alat               : LCD, Layar Proyektor, Gambar
2.  Bahan                      : Spidol, tata cara sujud syukur, Kertas Karton
3.  Sumber belajar       : Buku guru Fiqih, MTs kelas 8, kementerian agama RI
Jakarta, 2014 halaman 16-17…,Buku siswa Fiqih MTs Kelas 8, kementerian agama RI Jakarta, 2014 halaman 1-11 . . .       


Pekalongan, 16 November 2015
Mengetahui:
Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam




Mislailatun Nikmah, S.H.


Guru Mata pelajaran Fiqih





Imam Syafi’I, S.Pd.I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar