Selasa, 10 Februari 2015

Pendidikan Akhlak

ABSTRAK Syafi’i, Imam. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Tanbihul Muta’allim Karya Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekloah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Miftahul Ula, M.Ag. Kata Kunci : Nilai-Nilai, Pendidikan, Akhlak, Kitab Tanbihul Muta’allim Karya Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi Akhlak merupakan fondasi yang kokoh bagi terciptanya hubungan baik antara hamba dan Allah swt (hablumminallah) dan antar sesama (hablumminannas). Akhlak yang mulia tidak lahir berdasarkan keturunan atau terjadi secara tiba-tiba. Akan tetapi, membutuhkan proses panjang, yakni melalui pendidikan akhlak. Banyak sistem pendidikan akhlak, moral, atau etika yang ditawarkan oleh barat, namun banyak juga kelemahan dan kekurangannya. Karena memang berasal dari manusia yang ilmu dan pengetahuannya sangat terbatas. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, pertama, Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim. Kedua, Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim pada masa sekarang. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim dan relevansi konsep nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim pada masa sekarang. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoritis yaitu memberikan pengetahuan, informasi dan cakrawala ilmu yang berkenaan dengan kependidikan sebagai referensi yang berupa bacaan ilmiah. Kemudian kegunaan praktisnya yaitu bagi para pemerhati pendidikan, baik kalangan pengajar, maupun masyarakat dalam mendidik, membina dan mengembangkan tingkat pendidikan akhlak seorang pelajar atau pencari ilmu dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya sebagai pelajar atau pencari ilmu terhadap Agama, Bangsa dan Negaranya. Selanjutnya bagi peneliti dan pembaca yaitu sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis kritis dengan jenis penelitian pustaka (library research). Sedangkan pengumpulan data dengan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analisys) menurut Weber sebagaimana dikutip oleh Soejono dan Abdurrohman yang mana memanfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan yang sahih dari sebuah buku atau dokumen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan konsep nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim dan relevansi konsep nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim pada masa sekarang. Dari hasil penelitian tersebut, dapat ditarik beberapa kesimpulan. Pertama, memiliki konsep pendidikan akhlak yang jelas untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, melalui pendidikan akhlak yang diinternalisasikan di berbagai tingkat dan jenjang pendidikan, diharapkan krisis akhlak bangsa ini bisa segera diatasi. Ketiga, memiliki figur yang bisa jadi contoh kongkret, serta ditauladani oleh masyarakat.